Skip to main content

8 Cara Mempercepat Loading Blog Menjadi Ringan dan Super Cepat


 8 Cara Mempercepat Loading Blog Menjadi Ringan dan Super Cepat

Kali ini Blog Tukang Service akan memberikan informasi seputar loading blog atau website. Loading blog yang terlalu lama tentunya sangat mengganggu dan mengesalkan sekali bukan?. Umumnya suatu blog akan muncul setelah di klik sekitar 1-5 detik. Bila lebih dari itu tentunya membuat pengunjung website aka terlalu lama menunggu dan bahkan (mungkin) akan batal untuk meneruskan mengunjungi website tersebut.

Loading blog adalah waktu yang dibutuhkan suatu blog untuk dapat menampilkan seluruh halaman. Waktu loading itu sendiri tidak terlepas dari beberapa faktor, yang jikalau di acuhkan akan membuat loading semakin lambat.

Nah untuk Membuat Loading Blog Super Cepat dan Ringan kita perlu menerapkan beberapa langkah berikut ini:

1. Jumlah Gambar
Kurangi penggunaan terlalu banyak gambar apalagi gambar bergerak (.gif) dalam template blog dan (kalau bisa) jangan menggunakan gambar sebagai background template karena saat melakukan loading, gambar akan otomatis ikut terbaca. Seperti yang ada pada blog Toko Mainan Anak Jogja SeButik.com, tidak ada gambar atau gambar background yang terpasang pada template. Solusinya adalah meminimalkan jumlah gambar yang dipasang pada blog Anda.

2. Ukuran Gambar
Ukuran gambar juga mempengaruhi loading blog (tetapi tidak banyak mempengaruhinya) dan juga kenyaman pembaca artikel blog Anda. Jika Anda menampilkan ukuran gambar sesuai ukuran aslinya, ganti ukuran gambar tersebut menjadi ukuran yang lebih kecil. Sobat bisa gunakan jpg compressor untuk mengecilkan ukuran file gambar dengan tidak mengurangi kualitas gambar tersebut.

3. Url Gambar
Pada artikel blog, jangan menggunakan url gambar dari luar atau milik url gambar milik blog orang lain, karena hal ini akan terbaca sebagai external link atau media dari luar blog Anda. Misalnya menggunakan url gambar dari situs photobucket, tinypic, atau url gambar blogspot milik orang lain. Solusi agar usaha mempercepat loading blog Anda berhasil, upload sendiri gambar yang ingin Anda pasang pada artikel blog Anda, seperti saya selalu mengupload foto sendiri. Untuk mensiasati jumlah link gambar yang terlalu banyak, Anda bisa menggunakan teknik CSS Sprite, yaitu menggabungkan beberapa gambar menjadi satu gambar. Mengenai cara mengubah gambar dengan teknik CSS Sprite akan Tukan Service jelaskan pada artikel berikutnya.

4. Html Script
Jika Sobat menggunakan template dan pada template tersebut mengandung html script orang lain, pastikan Anda menggantinya terlebih dahulu. Misalnya kode script untuk artikel terkait, http://scriptoranglain.googlecode.com/files/artikelterkait.js karena jika Anda menggunakan script orang lain maka link script itu akan dibaca sebagai media luar dari template Anda Solusinya agar usaha mempercepat loading blog Anda berhasil, ganti script tersebut dengan script Anda sendiri. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga konsistensi dari url script tersebut, yang mana bila kemudian hari url tersebut sudah tidak aktif lagi. Dan pastikan script pada template blog Anda bersih dari script yang tidak diperlukan untuk dapat meningkatkan kecepatan loading blog Anda.

6. Link Layanan atau widget
Jangan memasang link layanan yang tidak dibutuhkan kedalam template Sobat  Misalnya layanan sosial bookmark dari Add this atau Webiya, karena mau tidak mau blog Sobat akan membaca link script dari layanan tersebut. Solusinya buatlah link layanan sendiri dengan kode script anda sendiri. Semakin banyak link layanan yang dipasang tentu akan mempengaruhi waktu loading blog Anda.

7. Iklan
Untuk memasang iklan di blog, sebaiknya jangan terlalu berlebihan karena dapat mengganggu kenyaman pengunjung blog sehingga kemungkinan besar pengunjung tidak akan betah belama-lama di blog Anda.

8. IFrame
Sangat tidak disarankan untuk memasang iframe pada blog, karena iframe adalah bingkai untuk menampilkan webpage lain pada suatu halaman blog dan sangat memperngaruhi loading blog Anda. Salah satu contoh Iframe yang banyak digunakan adalah chatbox, musik player, atau video. Karena tidak semua pengunjung menyukai iframe yang terpasang pada blog Anda.

Begitulah 8 Cara Mempercepat Loading Blog agar menjadi Ringan dan Super Cepat, tentu tidak ada salahnya Anda coba menggunakan cara diatas untuk mempercepat blog Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Google Play Store Connection Time Out

Hari ini saya kesulitan dan hampir putus asa ketika berusaha untuk mengakses Google Play Store. Google Play Store memiliki kesalahan umum yang muncul ketika Saya mencoba untuk mengaksesnya. "Connection Time Out - Retry" adalah pesan kesalahan yang muncul ketika aplikasi Google Play Store pada ponsel/tablet Android gagal terhubung, meskipun Internet bekerja baik-baik saja dengan aplikasi lain.



Bagaimana cara memperbaiki Google Play Store Connection Time Out? Ada beberapa cara untuk memperbaiki dan menyingkirkan pesan kesalahan "Connection Time Out - Retry". Setelah banyak browsing dan membaca puluhan posting forum dan situs/blog (tapi tidak berhasil), akhirnya saya bisa menyelesaikannya dengan satu solusi, yang dapat membantu Anda memperbaiki pesan kesalahan ini di ponsel Android atau tablet.

Berikut adalah cara untuk memperbaiki Google Play Store yang tidak bisa di akses:

Masuk kedalam setting > Wireless & Networks > More > Mobile Network Setting > Acc…

Cara Mengatasi System Reserved Error

irawanindra.blogspot.co.id - System Reserved adalah sebuah partisi khusus yang dibuat oleh sistem windows sebagai media penyimpanan bootloader windows yang diperlukan untuk proses boot sistem operasi windows, secara default partisi ini tidak terlihat oleh sistem windows. Walaupun tidak mengganggu, beberapa pengguna windows merasa ada yang mengganjal dengan kehadiran partisi ini, termasuk saya, oleh karena itu pada artikel kali ini saya akan membahas proses memindahkan BCD Bootloader dari partisi system reserved menuju partisi sistem windows, perlu diketahui sebelumnya meskipun selama menggunakan cara ini , Alhamdulillah belum pernah mengalami data hilang, partisi error dan sejenisnya, tapi sangat disarankan untuk melakukan backup terhadap data-data penting yang ada di sistem untuk berjaga jika terjadi musibah.

Sebelumnya pastikan anda telah mengetahui (drive letter) dimana sistem windows terpasang, secara default berada di C: , jalankan perintah berikut untuk memasang (membuat ulang) …

File .exe berubah jadi winamp ?

Pasti anda heran ketika melihat tampilan ikon di Desktop anda berubah menjadi ikon Winamp. Juga File yang ber extensi .EXE tiba-tiba berubah menjadi icon WMP (windows media player) bahkan ketika di jalankan file yang berextensi .EXE (aslinya bukan WMP) malah Aplikasi WMP yang berjalan. Dan ketika sudah di Open With dengan program yang lain, malah seluruh icon .exe berubah menjadi icon program yang dijalankan.

Wah, apa yang terjadi ? apakah kena virus ?
Jawabannya : bisa jadi Ya, komputer anda telah terinfeksi virus !
trus bagaimana cara mengatasinya ?
Tidak Perlu Di Install Ulang, hal ini dikarenakan ada registry yang berubah. cukup dengan langkah berikut ini :
1. Download registry berikut exefix_windows7.zip
disini atau disini
Anda Perlu mengunakan komputer lain, yang bisa digunakan untuk mendownload file tersebut. kemudian di copy ke Flash Disk dan Extract file exefix_windows7.zip.
2. Colokan Flash Disk, Buka Foldernya (double klik) dan ikuti perintah selanjutnya.
3. Setelah itu silahkan …