PC Dekstop, Notebook, Point of Sale

Breaking

5.05.2016

Cara Mengatasi System Reserved Error

irawanindra.blogspot.co.id - System Reserved adalah sebuah partisi khusus yang dibuat oleh sistem windows sebagai media penyimpanan bootloader windows yang diperlukan untuk proses boot sistem operasi windows, secara default partisi ini tidak terlihat oleh sistem windows. Walaupun tidak mengganggu, beberapa pengguna windows merasa ada yang mengganjal dengan kehadiran partisi ini, termasuk saya, oleh karena itu pada artikel kali ini saya akan membahas proses memindahkan BCD Bootloader dari partisi system reserved menuju partisi sistem windows, perlu diketahui sebelumnya meskipun selama menggunakan cara ini , Alhamdulillah belum pernah mengalami data hilang, partisi error dan sejenisnya, tapi sangat disarankan untuk melakukan backup terhadap data-data penting yang ada di sistem untuk berjaga jika terjadi musibah.

Sebelumnya pastikan anda telah mengetahui (drive letter) dimana sistem windows terpasang, secara default berada di C: , jalankan perintah berikut untuk memasang (membuat ulang) BCD bootloader pada partisi sistem windows.

Gunakan cara ini dengan memasukkan CD installer windows kemudian pilih command prompt.
bcdboot c:\windows /s c:
BCDBOOT - irawanindra.blogspot.co.id


Setelah selesai, menggunakan windows disk management atau menggunakan diskpart untuk mengatasi System Reserved Error tersebut, berikan attribute active pada partisi windows (C:) yang telah dipasang bcd bootloader.

ketik: DISKPART
DISKPART - irawanindra.blogspot.co.id

ketik: list disk 
LIST DISK - irawanindra.blogspot.co.id

ketik: select disk no
#disk 0 adalah hardisk utama
SELECT DISK - irawanindra.blogspot.co.id

ketik: list partition
Wajib untuk mengetahui lokasi partisi windows berada

LIST PARTITION - irawanindra.blogspot.co.id

ketik: select partition 
SELECT PARTITION - irawanindra.blogspot.co.id

ketik: ACTIVE
SELECT PARTITION ACTIVE - irawanindra.blogspot.co.id



Kemudia restart windows. Setelah masuk ke system kini atribut dari partisi System Reserved telah menjadi partisi biasa dan dapat dihapus jika diinginkan. Bootloader juga telah ditandai active di lokasi dimana system windows berada.

Sekian informasi cara mengatasi System Reserved Error pada komputer atau laptop, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment