Skip to main content

Cara mengatasi the disk is write protected

Flash Disk atau biasa juga disebut Pendrive merupakan sebuah media penyimpanan yang saat ini cukup populer di kalangan masyarakat kita. tidak dapat dipungkiri penemuan flashdisk ini menjadi sangat fenomenal karena ukuran yang sangat kecil dan compact dapat menggantikan fungsi disket sebagai perangkat penyimpanan bahkan hardisk yang mempunyai kapasitas yang cukup besar, mulai dari 512MB, 1GB, 2GB, 32GB bahkan sekarang sudah banyak beredar flashdisk dengan kapasitas hingga 1TB. Flashdisk menjadikan sebuah tempat penyimpanan file penting favorit kita.
The disk is write protected
Cara mengatasi the disk is write protected
Namun sebagaimana sifat barang elektronik, tak terkecuali flashdisk pun bisa mengalami kerusakan atau error, entah itu karena faktor internal seperti terkena virus atau faktor eksternal misalnya terkena air atau terjatuh. nah pada pembahasan kali ini saya ingin memberikan sebuah solusi dimana tiba - tiba flash disk tidak dapat kita format atau bahkan tidak dapat kita akses dikarenakan "The Disk is Write Protected". artinya bahwa perangkat ini tidak dapat di akses dan di format dikarenakan telah terkunci. Berikut ini merupakan ulasannya Bagaimana Mengatasi The Disk is write protected pada Flashdisk, silahkan disimak.
Indikasi dan Faktor penyebab flashdisk ini mengalami write protected adalah karena seringnya flashdisk dicabut dengan tidak melalui safely remove (langsung dicabut) sehingga perangkat flashdisk mengalami malfunction pada bagian aksesnya. maka dari itu untuk dapat menghindari kejadian serupa, hendaknya biasakan diri agar melakukan safely remove setiap hendak melepas flash disk dari komputer atau laptop. Baca Juga cara memperbaiki flashdisk rusak atau tidak terdeteksi komputer.

Solusi Mengatasi Disk is Write Protected

Jangan panik dan gelisah, karena flashdisk yang mengalami hal ini (write protected) masih dapat kita selamatkan. bagaimana caranya ? yuk langsung saja kita bahas.

1. Colokan Flashdisk (FD) pada Komputer / laptop anda.
2. Setelah terdeteksi, buka jendela Registry Edit milik windows, caranya klik START > RUN > lalu ketik REGEDIT atau tekan tombol win+R dam ketik REGEDIT.
ketik regedit
3. Setelah itu akan muncul jendela Registry Edit yang dimaksud, selanjutnya coba anda buka
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Currentcontrolset\control\
dan cari string StorageDevicePolicies. Jika tidak menemukannya, silahkan buat baru, caranya sebagai berikut :

langkah pertama, buka
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Currentcontrolset\control\
lalu klik kanan di folder control. Pilih New > Key lalu ubah namanya menjadi StorageDevicePolicies. Klik kanan di folder StorageDevicePolicies yang baru dibuat tadi, lalu pilih DWORD(32-bit) untuk yang memiliki OS 32bit, atau DWORD(64-bit) untuk kalian yang memilki OS versi 64 bit. Lalu ganti lagi nama DWORD yang baru saja kita buat menjaid WriteProtect dan double click lalu ganti value datanya menjadi 0 dengan heksadesimal. lalu silahkan close regeditnya.

Sekarang coba silahkan lakukan refresh pada komputer anda setelah itu lakukan safely remove untuk mencabut flashdisk anda tadi. Lalu lakukan restart pada komputer, setelah di restart, coba colok flashdisk lagi kemudian lakukan proses Format. Voila !! flashdisk anda pun kembali dapat digunakan. cukup mudah bukan ?

4. Buka command prompt (CMD) dan ketikkan: DISKPART lalu tekan ENTER.

DISKPART


Selanjutnya ketik: LIST DISK lalu tekan ENTER.

LIST DISK


Cari di disk berapa flashdsik yang mengalami disk is write protected berada, kemudian ketik: SELECT DISK lalu tekan ENTER.

SELECT DISK


Dan ketikkan: ATTRIBUTES DISK CLEAR READONLY lalu tekan ENTER.

ATTRIBUTES DISK CLEAR READONLY


Setelah disk attributes cleared succesfully, silahkan restart dan cek kembali flashdisk anda.

Itulah tadi Solusi Mengatasi Flashdisk Write Protected. semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Google Play Store Connection Time Out

Hari ini saya kesulitan dan hampir putus asa ketika berusaha untuk mengakses Google Play Store. Google Play Store memiliki kesalahan umum yang muncul ketika Saya mencoba untuk mengaksesnya. "Connection Time Out - Retry" adalah pesan kesalahan yang muncul ketika aplikasi Google Play Store pada ponsel/tablet Android gagal terhubung, meskipun Internet bekerja baik-baik saja dengan aplikasi lain.



Bagaimana cara memperbaiki Google Play Store Connection Time Out? Ada beberapa cara untuk memperbaiki dan menyingkirkan pesan kesalahan "Connection Time Out - Retry". Setelah banyak browsing dan membaca puluhan posting forum dan situs/blog (tapi tidak berhasil), akhirnya saya bisa menyelesaikannya dengan satu solusi, yang dapat membantu Anda memperbaiki pesan kesalahan ini di ponsel Android atau tablet.

Berikut adalah cara untuk memperbaiki Google Play Store yang tidak bisa di akses:

Masuk kedalam setting > Wireless & Networks > More > Mobile Network Setting > Acc…

Cara Mengatasi System Reserved Error

irawanindra.blogspot.co.id - System Reserved adalah sebuah partisi khusus yang dibuat oleh sistem windows sebagai media penyimpanan bootloader windows yang diperlukan untuk proses boot sistem operasi windows, secara default partisi ini tidak terlihat oleh sistem windows. Walaupun tidak mengganggu, beberapa pengguna windows merasa ada yang mengganjal dengan kehadiran partisi ini, termasuk saya, oleh karena itu pada artikel kali ini saya akan membahas proses memindahkan BCD Bootloader dari partisi system reserved menuju partisi sistem windows, perlu diketahui sebelumnya meskipun selama menggunakan cara ini , Alhamdulillah belum pernah mengalami data hilang, partisi error dan sejenisnya, tapi sangat disarankan untuk melakukan backup terhadap data-data penting yang ada di sistem untuk berjaga jika terjadi musibah.

Sebelumnya pastikan anda telah mengetahui (drive letter) dimana sistem windows terpasang, secara default berada di C: , jalankan perintah berikut untuk memasang (membuat ulang) …

File .exe berubah jadi winamp ?

Pasti anda heran ketika melihat tampilan ikon di Desktop anda berubah menjadi ikon Winamp. Juga File yang ber extensi .EXE tiba-tiba berubah menjadi icon WMP (windows media player) bahkan ketika di jalankan file yang berextensi .EXE (aslinya bukan WMP) malah Aplikasi WMP yang berjalan. Dan ketika sudah di Open With dengan program yang lain, malah seluruh icon .exe berubah menjadi icon program yang dijalankan.

Wah, apa yang terjadi ? apakah kena virus ?
Jawabannya : bisa jadi Ya, komputer anda telah terinfeksi virus !
trus bagaimana cara mengatasinya ?
Tidak Perlu Di Install Ulang, hal ini dikarenakan ada registry yang berubah. cukup dengan langkah berikut ini :
1. Download registry berikut exefix_windows7.zip
disini atau disini
Anda Perlu mengunakan komputer lain, yang bisa digunakan untuk mendownload file tersebut. kemudian di copy ke Flash Disk dan Extract file exefix_windows7.zip.
2. Colokan Flash Disk, Buka Foldernya (double klik) dan ikuti perintah selanjutnya.
3. Setelah itu silahkan …